Kuliah, STISIPM Rappang Gunakan Teknologi Facetime

Sidrap, STISIP – Saat ini, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Muhammadiyah Rappang mulai menggunakan teknologi Facetime sebagai salah satu sistem perkuliahan secara online.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Tata Usaha STISIP Muhammadiyah Rappang, Harianto S.Pd, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (15/3).

Menurut Harianto, system kuliah secara online tersebut, sangat efektif dan jauh berbeda dengan sistem kuliah jarak jauh yang dikenal selama ini. Sistem ini juga banyak digunakan di sejumlah universitas ternama.

“Ini bukan kuliah jarak jauh, tapi dengan sistem online. Jadi mahasiswa tetap datang di kampus, dan masuk ke kelas yang telah ditetapkan sesuai jadwal. Hanya saja sistem kuliahnya menggunakan wi-fi dan aplikasi facetime. Meskipun dosennya berada di luar kota atau luar negeri karena lanjut kuliah, atau tugas lainnya, perkuliahan tetap berlangsung,” jelasnya.

Tak hanya itu, ia juga menambahkan, sistem perkuliahan tersebut hanya khusus untuk pengguna apple, dan hanya menggunakan kuota yang relatif sedikit, dengan kualitas audio-visual yang sangat jernih.

“Kita memang dituntut seperti ini, apalagi, aktifitas di internal kampus kita ini sangat tinggi, banyak dosen yang keluar daerah atau luar negeri karena urusan kampus, namun sistem perkuliahan harus tetap berjalan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua STISIP Muhammadiyah Rappang, Dr Jamaluddin Ahmad Lado, S. Sos, M.Si, yang dikonfirmasi terpisah, membenarkan adanya sistem perkuliahan online tersebut.

“Tanggung jawab harus tetap dijalankan, meski di suatu sisi kita harus keluar karena mengurus beberapa hal. Saya rasa ini sangat efisien, karena meski dosen tak berada di tempat, namun perkuliahan tetap berjalan, dengan tidak mengabaikan interaksi antara dosen dan mahasiswa,” jelas Jamaluddin.(ali)